Endless OS Boros Baterai


#1

Selamat sore maaf mengganggu. Saya baru saja migrasi dari Windows 10 ke Endless OS versi 3.3.13 yang terbaru, jadi maklum kalau saya masih sedikit awam soal Endless OS ini.

Saya ingin bertanya, kenapa semenjak migrasi ke Endless OS versi 3.3.13 ini kok performa ketahanan baterai laptop saya jadi menurun alias boros ? Padahal sewaktu pakai Windows 10, laptop saya bisa bertahan hingga 3 jam lebih, sedangkan kalau pakai Endless OS terbaru ini malah cuma tahan hingga 2 jam saja.

Sebagai tambahan saja, saya pakai HP Probook 6570b RAM 4GB HDD 320GB dan prosesor Intel Core i5 3rd Generation

Terima kasih.


#2

FYI, beberapa distribusi linux yang pernah saya coba memang performa baterainya ada yang menyebabkan jadi menurun dibandingkan dengan sistem operasi lainnya dalam beberapa varian perangkat keras.


#3

Oh, jadi itu memang “penyakit bawaannya” Linux yah ? Pantesan aja kok ketahanan baterainya jadi agak2 menurun gitu, tapi kondisi baterainya sih masih aman2 aja sampe saat ini, hehehe. BTW, buat Endless OS ini ada gak aplikasi macam battery saver gitu ? Hehehehehe


#4

Saya kurang tahu di Endless terpasang secara bawaan tidak, biasanya pakai TLP (http://linrunner.de/en/tlp/tlp.html).
Alternatifnya mungkin bisa mematikan layanan yang tidak perlu, semisal tidak perlu bluetooth, maka bluetoothnya dimatikan.

Lebih tepatnya karena varian perangkat keras di dunia ini banyak sekali, mungkin pada beberapa perangkat, konfigurasinya kurang maksimal sehingga ada yang baterainya jadi tidak optimal.


#5

Oh iya, saya punya pertanyaan satu lagi. Endless OS itu bisa instal aplikasi via terminal seperti halnya distro Linux yang lain apa tidak ?


#6

#7

Berarti, terminal di Endless OS gak ada gunanya dong ? Hehehe


#8

Berguna, misalnya untuk git atau ping


#9

Maksud dari git dan ping itu apa ya ?


#10

Contoh perintah yang bisa digunakan dari terminal, jadi terminal masih berguna.
Git : https://git-scm.com/
Ping: https://en.wikipedia.org/wiki/Ping_(networking_utility)


closed #11