Mencoba Endless OS 3.4


#1

Akhirnya bisa mencoba Endless OS 3.4, meskipun sempat beberapa kali gagal update padahal posisi sudah di versi 3.3.18. Jurus terakhir, langsung download dan install versi 3.4.

Fitur & Keunggulan

Sudah banyak situs-situs yang megabarkan fitur-fitur baru yang diusung dalam versi 3.4. Sehingga tidak perlu ditulis di sini.

Kekurangan

Beberapa yang menurut saya menjadi kekurangan, antara lain:

  1. Memakan banyak memori RAM, padahal baru booting sudah memakai sekitar 1G. Sangat terasa bagi yang mempunyai RAM kecil.

  2. Belum memiliki fitur dualboot dengan distro Linux lain, meskipun bisa disiasati dengan mengubah partisi bawaan.

  3. Terkait poin 2, belum bisa memilih partisi ketika instalasi, hanya ada 2 opsi: “Mencoba” dan “Format Ulang”. Sangat mengganggu bagi saya yang tidak memakai Windows, sehinga jika menemukan masalah yang mengharuskan install ulang, maka harus terlebih dahulu memindahkan data-data. Jika tidak, maka data pun akan hilang.

  4. Endless OS tidak direkomenasikan dijadikan sebagai satu-satunya OS, karena poin 3 tersebut.


#2

Halo,

Akhirnya bisa mencoba Endless OS 3.4, meskipun sempat beberapa kali gagal update padahal posisi sudah di versi 3.3.18. Jurus terakhir, langsung download dan install versi 3.4

Ini sudah saya tulis di Mencoba Endless OS 3.4. Beta sebenarnya.

  1. Memakan banyak memori RAM, padahal baru booting sudah memakai sekitar 1G. Sangat terasa bagi yang mempunyai RAM kecil.

Saat ini komputernya memiliki RAM berapa giga?
Ini bisa jadi terkait dengan destop GNOME yang digunakan oleh Endless. Pengembangnya sedang melakukan optimasi terkait hal ini.

  1. Belum memiliki fitur dualboot dengan distro Linux lain, meskipun bisa disiasati dengan mengubah partisi bawaan.

Ini terkait dengan teknologi yang digunakan oleh Endless, yaitu ostree yang belum memungkinkan untuk dualboot dengan distribusi Linux lain karena grub yang digunakan berbeda. Fitur ini sedang dikembangkan bersama distribusi atomic lainnya.

  1. Terkait poin 2, belum bisa memilih partisi ketika instalasi, hanya ada 2 opsi: “Mencoba” dan “Format Ulang”. Sangat mengganggu bagi saya yang tidak memakai Windows, sehinga jika menemukan masalah yang mengharuskan install ulang, maka harus terlebih dahulu memindahkan data-data. Jika tidak, maka data pun akan hilang.

Jenis masalah apa yang mengharuskan install ulang?

  1. Endless OS tidak direkomenasikan dijadikan sebagai satu-satunya OS, karena poin 3 tersebut.

Menurut saya ini tidak menjadi masalah karena sudah banyak pengguna yang menggunakan Endless sebagai satu-satunya OS.


closed #3